Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Thursday, September 16, 2010

Corot-7b Planet Berbatu di Konstelasi Unicorn

 
Corot-7b adalah sebuah planet diluar tatasurya kita. Mempunyai massa lima kali lebih berat daripada Bumi, dengan jari-jari 80% lebih besar daripada bumi. Planet ini terletak di system tatasurya bintang Corot-7, sebuah bintang di konstelasi Monoceros (Unicorn) pada jarak sekitar 500 tahun cahaya. Bintang ini sedikit lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari juga lebih muda, dengan usia sekitar 1,5 miliar tahun. Mengorbit pada bintangnya dengan kecepatan lebih dari 750.000 kilometer per jam, tujuh kali lebih cepat daripada gerak bumi mengelilingi matahari.

Planet ini hanya 2,5 juta kilometer dari bintangnya, atau 23 kali lebih dekat daripada Merkurius dan Matahari sehingga suhunya pada siang hari dapat mencapai 2000 derajat dan minus 200 derajat pada malam hari. Karena saking panasnya para ahli memperkirakan planet ini mungkin memiliki lava atau lautan mendidih di permukaannya. Dengan kondisi ekstrim seperti ini jelas Corot-7 tak akan ada kehidupan.

Related Post



No comments:

Post a Comment