Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Wednesday, November 17, 2010

Menghidupkan RAM yang mati


Kali ini saya akan berbagi tips tentang menghidupkan RAM yang sudah anda anggap mati asal tidak mengalami kerusakan fisik yang parah ,misalnya terbakar atau patah, karena biasanya bila memory sudah di nyatakan mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi komputer maka langsung saja di ganti dengan yang baru, padahal masih ada kemungkinan memory tersebut di bikin berfungsi lagi.
Berikut ini saya punya tips untuk menangani memory yang sudah di anggap mati tersebut,dengan akurasi dia atas 70 %.

Ok, langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah Avometer.


  1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan penghapus yang biasa digunakan untuk menghapus pensil dengan tujuan membersihkan dari debu, dan gesekan dengan penghapus tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif,gosok pada kedua sisinya gambar yang didalam kotak merah itulah yang di gosok.
  2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K.
  3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
  4. Selesai….silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard….!

    Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di
    perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi.

Related Post



No comments:

Post a Comment