Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Thursday, November 18, 2010

Arti Dibalik Mantra Sihir Harry Potter

Pecinta Harry Potter  tentu sudah tahu apa yang akan terjadi kalau seseorang mengacungkan tongkat sihir sambil berseru, “Avada Kedavra!” atau mantra apa yang harus diucapkan kalau ingin membuka pintu yang terkunci? “Alohomora!”
Ternyata, sang penulis cerita Harry Potter, J.K. Rowling  tidak asal-asalan menciptakan mantra, lho. Semua mantra sihir yang digunakan di Hogwarts ternyata ada asal usulnya. Kebanyakan mantra itu berasal dari bahasa Latin.
Accio
Mantra ini digunakan untuk memanggil barang. Accio , dan gelas pun akan terbang ke arahmu. Kata Accio  ternyata berasal dari bahasa Latin yang artinya aku memanggil.
Inilah salah satu mantra yang berjudul Patronus! Wuush!
Avada Kedavra
Gara-gara mantra ini orang tua Harry Potter tewas terbunuh! Ini adalah mantra paling jahat yang bisa membunuh lawan. Dalam bahasa Aramaic, Avada Kedavra berarti, aku akan menghancurkan seperti apa yang aku ucapkan.

Crucio
Crucio  juga mantra jahat yang biasa dipakai untuk menyiksa. Dalam bahasa Latin, crucio  artinya, aku menyiksa.
Expecto Patronum
Harry Potter saat menggunakan Expecto Patronum
Mantra penghasil patronus, satu-satunya makhluk yang bisa mengusir Dementor. Lagi-lagi mantra ini diambil dari bahasa Latin yaitu expecto  yang artinya berharap dan patronus  yang artinya pelindung. Jadi, kurang lebih expecto patronum  itu artinya menunggu datangnya pelindung.
Expelliarmus
Ini, nih mantra andalan Harry Potter saat bertempur. Fungsinya, untuk melepaskan tongkat sihir dari tangan musuh. Diambil dari bahasa Latin expellere  yang artinya melepaskan dan arma yang artinya senjata.
Impedimenta
‘Impedimenta’ dalam bahasa Latin artinya ‘halangan’. Mantra ini biasa dipakai untuk membuat rintangan demi memperlambat pergerakan musuh.
Lumos
Lumos  artinya cahaya. Mantra ini digunakan kalau ingin membuat ujung tongkat sihir menyala seperti lilin.
Mantra-mantra dalam film Harry Potter tidak asal buat, lho! Ada arti-arti khusus. Foto: imageshack
Rictusempra
Sempra  berasal dari kata sempre  yang artinya selalu. Rictum  artinya mulut atau rahang yang terbuka. Rictusempra  dipakai untuk membuat musuh tertawa tanpa henti.
Sectumsempra
Ini justru kebalikan dari rictusempra . Hasilnya, bukan ketawa, tapi luka-luka karena dalam bahasa Latin, sectum  artinya melukai.
Stupefy
Saat berperang, mantra ini sering dipakai. Efeknya, bisa bikin orang bingung.
Wingardium Leviosa
Ini adalah salah satu mantra yang diajarkan pada murid-murid Hogwarts di tahun pertama. Fungsinya, untuk membuat sebuah benda jadi terangkat dan mengambang di udara.
Asal katanya adalah gabungan dari bahasa Inggris dan Latin. Wingardium  berasal dari kata wing (bahasa Inggris) yang artinya sayap, dan arduus (bahasa Latin) yang artinya langit.
Nah, kalau leviosa berasal dari bahasa Latin, levare , yang artinya mengangkat atau mengambil.

Related Post



No comments:

Post a Comment