Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Thursday, November 18, 2010

Apa Itu Ncomputing? Apa Manfaat dan Kelebihannya?


Sejak awal ditemukan dan diperkenalkan pada dunia, komputer dan segala aksesorisnya telah menjadi fenomena yang luar biasa, bahkan hingga kini. Berbagai jenis produk teknologi yang berhubungan dengan komputer telah banyak ditemukan dan diperkenalkan oleh khalayak luas, seperti Ncomputing. Dan memang Ncomputing adalah fenomena baru dalam dunia komputerisasi, yang akhir-akhir ini menghiasi banyak artikel dan berita teknologi informasi. Karena merupakan produk baru dalam dunia komputer, mungkin banyak orang belum begitu mengenal Ncomputing, sehingga mereka tidak tertarik untuk menggunakan; walaupun banyak manfaat yang ditawarkan oleh Ncomputing. Sebenarnya banyak informasi dan review tentang manfaat NComputing di media seperti majalah, koran, maupun di dunia maya. Namun sebagai highlight, inilah informasi singkat dan padat tentang Ncomputing, berikut manfaat dan kelebihannya.
Pada dasarnya, Ncomputing adalah sistem terminal komputer, yang mirip dengan thin client, di mana beberapa komputer mengakses server yang sama. Kebanyakan terminal komputer memang harus menggunakan satu set komputer (Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse). Namun jika menggunakan NComputing, CPU tidak diperlukan lagi, karena CPU telah digantikan dengan NComputing.
Dari uraian singkat diatas, maka ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan oleh sistem terminal Ncomputing ini. Dengan NComputing, biaya pembelian CPU bisa ditekan, perawatan CPU lebih mudah, krn semua pengguna menggunakan resource Server. Selain itu, setiap pengguna juga mempunyai workspace sendiri di Server, sehingga keamanan data sangat terjaga. Konsumsi listrik NComputing sangat rendah, hanya sekitar 5 watt, bandingkan dg sebuah PC standar yang bisa mencapai 300w. Dengan konsumsi daya listrik yang rendah, NComputing juga menghasilkan panas yg lebih sedikit dari PC, jadi ruangan Anda akan lebih dingin. NComputing juga tidak berisik, tidak ada suara kipas pendingin seperti pada PC. Dari segi harga, harga Ncomputing juga lebih murah dibandingkan harga 1 unit CPU.
Sebagaimana produk teknologi informasi lainnya, Ncomputing juga tersedia dalam berbagai tipe. Walaupun tipe-tipe ini, pada dasarnya, menawarkan sistem terminal yang sama, namun fitur yang disediakan berbeda pada masing-masing tipe. Beberapa tipe atau jenis Ncomputing yang telah diperkenalkan pada masyarakat; yaitu Ncomputing tipe X-Series, L-Series dan U-seri
es
NComputing seri X, terhubung ke PC server melalui PCI card yang dipasang di PC Server. Karena keterbatasan jumlah slot PCI, maka seri X terbatas pada 3-5 client untuk setiap Server. Jarak maksimalnya hanya sekitar 10m. Yang tersedia saat ini adalah NComputing X350 dan NComputing X550
NComputing seri L, menghubungkan Client / Workstation ke Server melalui jaringan LAN (Local Area Network). Jumlah client yang bisa terhubung ke Server tergantung dari spesifikasi Server, semakin bagus spesifikasinya, makin banyak jumlah user yang bisa terhubung. Untuk Server dengan spesifikasi entry-level, mampu menampung hingga 30 user. Yang tersedia saat ini adalah NComputing L300.
NComputing seri U, menggunakan port USB yang ada di Server. Karena itu, seri U paling mudah untuk dipasang. Tapi karena keterbatasan USB, maka terbatas pula jumlah client dan jarak antara Server ke Client. Yang tersedia saat ini adalah NComputing U170
Dengan berbagai kelebihan dan manfaatnya, NComputing sangat cocok untuk dipakai di kantor-kantor, pabrik, sekolah-sekolah, universitas, warnet dan tempat-tempat lain yang memerlukan komputer dalam jumlah banyak.

Related Post



No comments:

Post a Comment