Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Wednesday, November 17, 2010

50 Tips Optimasi Windows Vista (part 2)

Lanjutan dari artikel 50 tips Speed Up Vista mu! (part 1) dan berikut 25 tips selanjutnya…
26. Optimasi Superfetch
Windows Vista’s SuperFetch settings didesign untuk meningkatkan performance, dan Tweak VI mempunyai bagian yang didedikasikan untuk periode tertentu menghapus logs dan mengoptimalkannya. Caranya, pilih System Information and Tweaks > Hard drive information… dan pindah ke ‘Prefetcher’ dan ‘SuperFetch’
optimization tab.
27. Go Tweaking
Telusuri lebih dalam lagi pada Tweak IV dan lihat apa yang kita dapat, sesion peningkatan performa yang berbasis pada prosesor anda dan berbagai tips lain yang cukup berguna. Jangan terlewat untuk menggunakan System Restore sebelum melakukan proses tweaking.
28. Defrag Hard Drive Anda
Defragmenting Harddisk adalah mengatur files supaya lebih cepat dipanggil, hasilnya PC lebih cepat. Sebaiknya matikan schedule otomatisnya, karena akan memperlambat akses ke program ketika ini berjalan. Atau jadwalkan pada waktu PC anda tidak terpakai. Metode manual bisa Anda jalankan kapan saja.


29. Turn Off Automatic Defragmentation
PC akan menurun kecepatannya saat proses Defragmenter terjadi, jadi pastikan bahwa anda sudah mengganti opsi Defragmenter ke mode manual. Sehingga anda tidak akan terganggu dengan automatic scheduling yang akan bekerja padahal anda juga sedang bekerja menggunakan PC anda. Proses Defragmenter bisa anda lakukan sembari anda tinggal istirahat makan siang.
30. Boost Hard Drive Anda
Hampir semua harddisk sekarang menggunakan teknologi SATA hard drives, yang lebih superior dibanding IDE. Jadi jika Anda menggunakan laptop atau PC yang terhubung dengan uninterruptible power supply (UPS) anda bisa menjalankan fitur ini. Caranya, click Start, ketik Device Manager dan tekan [Enter]. Buka Disk Drives section, right-click hard drive dan pilih Properties > Policies tab. Write caching seharusnya sudah enable, jadi  tick “Enable advanced performance” dan click OK.
31. Access Any CD or DVD Instantly
Akses pada CD atau DVD favorit dapat memakan waktu, apalagi bila file-file pada CD dan DVD tersebut berukuran besar. Hemat waktu anda dengan merubah file CD atau DVD anda menjadi ISO yang dapat anda letakkan pada PC dan dapat di akses kapan saja tanpa perlu melakukan insert CD/DVD dan sebagainya. Yang anda butuhkan adalah sebuah aplikasi virtual CD atau DVD yang sudah banyak tersedia dan sebuah aplikasi Daemon Tools untuk menjalankan ISO yang telah dibuat.
50-tips-31.png
32. Create your own ISO
Sebagai tambahan untuk lebih efisien lagi anda bisa mencoba aplikasi gratis LCISO Creator tool dari Lucersoft yang dapat memungkinkan untuk menconvert CD atau DVD ke format single ISO dan tentunya dapat meningkatkan efisiensi saat proses pembuatan ISO itu sendiri.
33. Monitor System Demands
Dengan Resource Monitor Anda bisa melihat apa yang sedang terjadi
Right-click Taskbar dan pilih Task Manager, pindah Performance tab untuk melihat demand processor dan memory (click Resource Monitor untuk lebih detil). Pindah ke tab Processes dan click tab CPU untuk melihat apa yang sedang menggunakan system resources.
50-tips-33.png
34. Remove Unwated Programs
Makin banyak program, sistem Anda makin pelan. Bahkan program yang tidak sedang berjalan, memakan space di harddisk dan memenuhi Registry. Buka Control Panel dan pilih Uninstall a program dibagian Programs. Pilih program yang ingin Anda singkirkan dan click Uninstall/Change. Ikuti petunjuknya.
35. Optimalkan Startup Anda
Banyak program yang diload dengan Windows Vista memakan resouce dan membuat booting jadi lambat. Beberapa – seperti security tools – memang perlu, lainnya tidak perlu. Temukan apa saja yang bisa dioptimalkan dengan program AutoRuns, bisa Anda download dari Microsoft TechNet.
50-tips-35-b.png
36. Disable Network Printer Search
Apabila anda ada dalam sebuah network, namun anda tidak membutuhkan printer sharing, hilangkan opsi printer search untuk sedikit mempercepat kinerja PC. Klik Start, pilih network and sharing center kemudian Enter, pada Printer Sharing klik pada arrow dan pilih opsi Turn off printer sharing.
37. Speed up Start Menu Searches
Cukup banyak cara yag dapat dilakukan untuk mempercepat proses Search pada Start menu. Salah satu yang dapat anbda coba adalah Klik kanan pada Start menu dan pilih Properties, kemudian klik Customize. Scroll down dan unticking pada Search communications juga pada favourites and history. Kemudian Select “Don’t search for files” untuk megoptimasi Search Box hanya pada Start menu saja.
50-tips-37.png
38. Scale Back Indexed Searches
Windows Vista’s indexed search technology memungkinkan untuk melakuka search dengan super cepat, namun dampaknya adalah pada performa pemakaian sehari-hari. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara klik Start lalu pilih indexing options. List dari area-area yang ter-index akan ditampilkan, klik pada Modify dan teruskan dengan memilih Show all locations, setelah ini anda dapat menentukan lokasi-loksai mana yang perlu dan tidak perlu masuk dalam daftar indexing.
39. Advanced Index Options
Kembali ke opsi Indexing Options, klik pada Advanced button. Opsi ini akan memberikan anda berbagai pilihan lagi untuk konfigurasi indexing. Pada tab File Types ada opsi dimana kita dapat memilih file ekstensi mana yang akan masuk ke dalam daftar indexing, sehingga dapat dengan mudah memilih ekstensi mana yang anda inginkan untuk masuk ke indexing dan mana yang tidak.
50-tips-39.png
40. Disable Search Indexing
Perubahan performa untuk meng-indeks file sehingga menghasilkan pencarian yang lebih cepat, bisa diterima kebanyakan orang, tapi jika anda menggunakan sistem dengan spec yang rendah, Anda bisa mematikan indeks, dan mendapatkan performa global lebih baik. Click Start > Computer, right-click drive dan pilih Properties, kemudian untick “Index this drive for faster searching” di General tab, kemudian klik OK.
41. Optimasi Registry
Download dan instal Free Registry Defrag dari registry-clean.net. Click Analyze Registry dan tunggu hasilnya – tidak seperti utility pembersih Registry, tidak ada yang dihapus dari Registry; hanya mendapatkan kembali free space dan mendefragmen file untuk meningkatkan performa.
50-tips-41.png
42. Scale Back Visual Effects
Remove beberapa visual effects pada Vista untuk menambah kecepatan sistem. klik Start, klik kanan pada My computer dan pilih Properties. Klik pada Advanced System Settings kemudian pilih Setting. Pada tab Visual Effects terdapat pilihan untuk me-remove keseluruhan visual effects maupun memilihnya secara manual.
43. Disable Transparent Effects
Glass effect yang digunakan Windows Aero mengonsumsi cukup banyak resource pada sistem. Anda dapat mencoba mematikannya tanpa harus men-disable Windows Aero.Klik kanan pada desktop kemudian pilih Personalize. Select pada Window Colour and Appearance kemudian untick pada opsi Enable Transparency.
50-tips-43.png
44. Matikan system Restore
System Restore berguna untuk me-rolling kembali system jika terjadi masalah, tetapi kompensasinya adalah disk space yang lebih sedikit dan memory yang penuh karena Restore points dibuat dan drive Anda selalu dimonitor. Jadi, matikan saja fitur ini. Click Start, right-click My Computer dan pilih Properties. Pilih System Protection, kemudian untick kotak disamping drive Anda dan click Turn off System Restore ketika diminta.
45. Disable User Account Control
User Account Control bertindak sebagai pengaman pada sistem sehingga setiap adanya perubahan pada sistem harus melalui konfirmasi terlebih dahulu. Beberapa pengguna Vista justru terganggu karena aktivitas akan menjadi lebih lama. Untuk menghilangkannya buka Control Panel dan pilih User Accounts and Family Safety. Select pada User Accounts dan klik Turn User Account Control on or off kemudian untick pilihan Use User Account Control.
50-tips-45.png
46. Stop Automatic Hibernation
Cegah PC/Notebook Anda untuk melakukan proses sleep/Hibernate untuk membebaskan system resource lebih banyak lagi. Proses Hibernation otomatis berjalan konstan di background dan menggunakan system resources. Jika Anda tidak keberatan dengan hibernate manual, dan tidak sedang menggunakan laptop dengan power dari baterai, matikan saja fitur ini. Buka Control Panel, pilih System and Maintenance dan click “Change when the computer sleeps”. Ganti pilihan “Put the computer to sleep” menjadi “Never” dan click Save changes.
50-tips-46.png
47. Disable Remote Differential Compression
Kecuali Anda memindahkan file melalui network/jaringan secara rutin, fitur ini dapat dimatikan. Buka Control Panel dan pilih Programs. Pilih Turn Windows features on and off, untick Remote Differential Compression dan click OK.
48. Check Event Viewer
Sejumlah problem pada PC kadang lama-kelamaan tanpa kita sadari dapat menyebabkan makin melambatnya performa PC. Dibawah akan sedikit dijelaskan salah satu cara yang dapat dicoba untuk mengetahui problem apa yang menjangkit PC sehingga dapat ditentukan bagaimana cara mengatasinya.
a) Access System Logs
Klik Start, right-click Computer kemudian select Manage. Sesaat setelah Computer Management console terlihat, pilih Event Viewer – Sejenak setelah itu akan muncul gambar seperti ini.
50-tips-48-a.png
b) View Errors and Warnings
Select pada Windows Logs. Double-click pada log tersebut untuk melihat recorded events – select Action > Filter Current Log and tick Critical, Error and Warning.
50-tips-48-b.png
c) Event Details
Right click pada event dan pilih Event Properties. Akan muncul suatu window dialog yang akan menampilkan hasil dari detail event tersebut, termasuk didalamnya terdapat brief description tentang problem apa yang sedang terjadi. Apabila memungkinkan klik pada info yang ditampilkan untuk melakukan pencegahan awal.
50-tips-48-c.png
49. Matikan Sidebar
Setiap Sidebar gadget memakan system resources, jadi gunakan seminimum mungkin atau matikan saja. Right-click sidebar dan pilih Properties. Untick “Start the Sidebar when Windows starts” dan click OK, kemudian right-click lagi dan pilih Close Sidebar.
50. How Stable are your Tweaks
Ide bagus untuk terus memonitor sistem pada PC, walaupun sekedar melihat pengaruh yang didapat sistem, apakah baik ata buruk setelah proses-proses tweaking ringan yang telah dilakukan. Reliability Monitor dapat membantu dalam hal ini.
50-tips-50.png
Klik Start, pilih performance information. Kemudian cari Advanced tools, lalu pilih Open Reliability and Performance Monitor, pada opsi ini terdapat Reliability Monitor, klik dan dapat disaksikan grafik yang tersaji untuk melihat dibalik layar dari sistem.

Related Post



No comments:

Post a Comment