Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Sunday, November 21, 2010

Al Capone, Bos Mafia Amerika Terbesar

Alphonse ‘Al’ Gabriel Capone, lahir di Brooklyn, New York, pada tahun 1899. Ia merupakan anak ke 4 dari pasangan Gabriele dan Teresina Capone. Keduanya adalah imigran asal Italia Selatan.

Pada awalnya, keluarga Capone menempati sebuah rumah di kawasan 95 Navy Street, kemudian ketika Capone kecil berusia 11 tahun, mereka pindah ke 21 Garfield Place, Park Slope, Brooklyn.

Masa kecil Capone penuh liku. Dirinya putus sekolah dari sekolah umum Brooklyn pada usia 14 tahun. Ia lalu mencari nafkah dengan bekerja serabutan di toko permen dan bowling. Di masa inilah dirinya mulai tertarik dengan dunia mafia, setelah mengenal John “Papa Johnny” Torrio, seorang gangster yang kelak menjadi mentornya. Capone memulai karir kriminalnya dengan menjadi pencuri kelas teri, sebelum bergabung dengan Five Point Gang, sebuah geng penjahat asal Manhattan yang tersohor namanya.Ketika itu, Capone ‘nyambi’ bekerja sebagai tukang pukul / centeng di bar Coney Island Dance Hall and Saloon milik Frankie ‘Yale’ Ioele. Di periode inilah Al Capone mendapatkan bekas luka di wajahnya yang membuatnya terkenal dengan julukan ‘Scarface’.

Pada 30 Desember 1918, Capone menikah dengan seorang Irlandia bernama Mae Josepine Coughlin. Pasangan ini dikaruniai seorang putra bernama Albert Francis Capone. Pada 1921, keluarga kecil itu memutuskan pindah ke daerah 7244 South Prairie Avenue, Chicago.


Tujuan Capone pindah ke Chicago adalah memenuhi ajakan sahabat lamanya, John Torrio, yang sedang mencari peuang untuk berdagang barang-barang dari pasar gelap. Torrio menjadi kaya raya dari hasil kekayaan James “Big Jim” Colossimo, seorang mafia Chicago kelas kakap. Colossimo terbunuh setelah menolak turut serta dalam bidang bisnis barang-barang gelap ini. Kuat dugaan Big Jim dihabisi oleh Frankie Yale, walaupun pada akhirnya tuduhan ini tak terbukti. Pada masa itu juga Capone didakwa atas dua pembunuhan berencana. Dirinya lalu mencari perlindungan dan pekerjaan yang bisa memberikan nafkah pada keluarganya.

Walikota terpilih Chicago tahun 1923, William Emmet Dever, memutuskan untuk memerangi kriminalitas di wilayah yang dipimpinnya, hal ini membuat para gangster dan penjahat setempat resah, termasuk organisasi Capone saat itu, Chicago Outfit. Mereka memutuskan untuk meletakkan kekuasaan mereka diluar kota yurisdiksi Chicago. Tujuan mereka adalah daerah Cicero di Illinois, yang saat itu dikuasai oleh bandit O’Donnell bersaudara, Mike dan William. Terjadi ‘perang’ besar antara organisasi Capone dan O’Donell bersaudara. Pertempuran tahun 1924 itu dimenangkan oleh Capone, dengan jumlah korban jiwa sebanyak 200 orang dari kedua pihak.

Karir Capone sebagai pimpinan organisasi kriminal terbesar di Chicago dimulai pada tahun 1925, saat itu, terjadi percobaan pembunuhan terhadap John Torrio, mentor sekaligus sahabat Capone. Peristiwa itu mengguncang jiwa Torrio sehingga ia memutuskan untuk kembali ke Italia dan menyerahkan bisnisnya pada Capone. Segera saja bisnis itu berkembang, penyelundupan, prostitusi, bahkan yang ‘legal’ seperti kasino dan tempat perjudian, ia kelola dengan gemilang. Dirinya terkenal ‘licin’ dalam menghadapi para penegak hukum.

Pada tahun 1929, Al Capone diduga mendalangi pembantaian paling tersohor di dunia mafia abad 19, yang dikenal dengan nama Saint Valentine’s Massacre. Nama tersebut diberikan karena bertepatan dengan hari valentine (tanggal 14 februari). Sejumlah anggota gangster dari grup Bugs Moran ditemukan tewas dijejali peluru di sebuah garasi di 2212 North Clark Street. Meskipun dalam laporan resmi hanya ada tujuh korban, namun sudah jadi rahasia umum bahwa jumlahnya lebih dari itu.

Peristiwa itu menyeret nama Capone dan dua ‘prajurit’ terbaiknya, Murray The Hump dan Jack “Machine Gun” McGurn. Meskipun tidak ada pihak yang didakwa dalam kejadian ini, namun reputasi Capone cukup tercoreng dengan dipublikasikannya foto-foto hasil pembantaian tersebut.

Karir Capone yang gemilang di dunia kejahatan terorganisir Chicago berakhir pada tahun 1931. Bukan karena pembunuhan, penculikan dan sejenisnya, namun karena penyelundupan dan penggelapan pajak. Dua agen yang berjasa menyeret Capone ke meja hijau adalah Eliott Ness dan Frank. J. Wilson. Kasus itu membuka jalan bagi pengadilan untuk mendakwanya dengan tuduhan berlapis. Pada tahun 1932, Capone resmi menjadi penghuni penjara legendaris Alcatraz.

Capone menghuni penjara tersebut selama tujuh taun sebelum akhirnya dibebaskan. Ia menghabiskan masa tuanya dengan menderita stroke. Pada 25 Januari 1947, Gembong mafia Amerika terbesar ini meninggal karena gagal jantung di kediamannya.

Kehidupan Capone mengilhami sejumlah karya seni pertunjukan, buku, artikel dan film. Kisahnya kerap kali diangkat ke layar lebar, baik sebagai parodi maupun drama. Gambaran populer pimpinan mafia sebagai sosok yang mengenakan topi fedora dan setelan jas biru pun terinspirasi dari pria ini.

Biografi singkat Al Capone:

Nama : Alphonse Gabriel Capone
Nama beken : Al Capone / Scarface
Tempat / tanggal lahir : Brooklyn / 17 Januari 1899
Wafat : 25 Januari 1947 (Usia 48 tahun)
Istri : Mia Capone (wafat pada usia 89 tahun)
Anak : Albert ‘Sonny’ Francis Capone (wafat pada usia 85 tahun)

Related Post



No comments:

Post a Comment