Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Sunday, September 19, 2010

Blewah, Buah Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Ternyata, selain rasa yang manis blewah juga baik juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat berbuka puasa, mengkonsumsi buah ini juga sangat disarankan serta juga sangat nikmat. Dan manfaat lain dari buah ini yakni dapat menjaga kesehatan kita, karena kandungan air yang tinggi buah ini dapat membantu anda yang menderita asam urat tinggi.
Supaya memperoleh manfaat sehat yang optimal buah blewah utuh perlu dicuci dahulu sebelum dipotong-potong. Jika tindakan awal ini diabaikan, salah-salah rasa sakit yang akan didapat.
Seperti dilaporkan dalam situs fruitina, 17 orang di California, AS, jatuh sakit setelah melahap belewah. Kasus serupa juga menimpa 13 warga Arizona, beberapa tahun lalu. Mereka mengalami demam,diare, atau kram perut, 1-3 hari sesudah makan blewah.
Usut punya usut, ternyata mereka terjangkit bakteri Salmonella tipe Poona dan Saphra. Kontaminasi bakteri itu terjadi ketika buah dipotong tanpa lebih dulu dicuci bersih kulitnya. Bakteri di kulit buah yang kemudian menempel pada pisau mengkontaminasi daging buah itu.
Bakteri itu sendiri bisa berasal dari sampah manusia atau kotoran binatang. Untuk menghindari risiko tersebut, cucilah kulit buah dengan air yang mengalir (air dari kran). Sangat dianjurkan untuk menyikat kulit buah, sehingga betul-betul bebas dari bakteri.
Blewah selalu jadi bintang, kala bulan Ramadhan tiba. Buah dengan kandungan air tinggi ini dipercaya mampu memberikan cadangan air dalam tubuh, tidak hanya itu blewah pun dapat menggantikan dehidrasi tubuh selama 12-14 jam tidak mengkonsumsi air selama berpuasa.
Buah ini digolongkan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila rasio kalium –natriumnya minimal 5 :1. Ini cukup, karena kalium yang terkandung dalam blewah sebanyak 267mg/100g dan memiliki natrium hanya 16mg/100g, jadi perbandingannya di atas standar makanan baik yang digolongkan untuk kesehatan jantung, yaitu 6 :1
Saat berpuasa buah ini disarankan untuk disertakan dalam santap buka puasa. Selain untuk mengobati rasa dahaga, buah ini pun baik untuk kesehatan. Kalium yang terkandung dalam blewah baik untuk mengendalikan tekanan darah, sebagai terapi untuk mereka yang darah tinggi. Beberapa penelitian membuktikan manfaat kalium dalam menurunkan risiko serangan stroke.
Sembuhkan asam urat
Buah ini memiliki kandungan air yang sangat baik untuk mereka yang menderita asam urat tinggi, dengan mengkonsumsi blewah, niscaya buah ini dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.
Sertakan selalu blewah dalam santap buka puasa Anda, selain segar, pastinya bermanfaat untuk kesehatan. (Suaramedia.com)

Related Post



No comments:

Post a Comment