Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Monday, November 8, 2010

USB 3.0


Teknologi USB 3.0 belum lagi seumur jagung, eh sudah ada teknologi lain yang siap menggantikannya. Rekan senior Intel Kevin Kahn memprediksikan bahwa teknologi Light Peak lama-kelamaan akan menggantikan USB 3.0 sebagai standar industri.



Teknologi Light Peak, kata PC World, akan tersedia pada akhir tahun 2010. Sementara itu berbagai mitra Intel diharapkan sudah mengirimkan perangkat-perangkat Light Peak-enabled pada tahun berikutnya, 2011.
“Kami melihat ini sebagai penerus logis dari USB 3.0,” jelas Kahn. ”Kami ingin memberikan kabel terakhir yang Anda butuhkan.”
Kahn bersikukuh bahwa tidak ada konflik antara dua teknologi “pelengkap” tersebut. Sebab Light Peak memperbolehkan USB dan protokol lain untuk jalan secara simultan pada satu kabel dengan kecepatan yang lebih tinggi.
“Kami berharap keduanya bisa hidup berdampingan di pasar dan mungkin di platform yang sama pada saat bersamaan,” tambah Kahn.
Bagi yang belum tahu, Light Peak adalah nama kode Intel untuk teknologi baru kabel optik kecepatan-tinggi yang dirancang untuk mengkoneksikan perangkat-perangkat elektronik melalui bus periferal. Teknologi ini menawarkan bandwidth tinggi, dimulai dari 10Gbps dengan potensi berkembang sampai 100Gbps.
Light Peak dimaksudkan menjadi pengganti universal bagi bus-bus yang ada sekarang, seperti SCSI, SATA, USB, FireWire dan HDMI. Dibandingkan bus-bus tersebut, Light Peak lebih cepat, lebih panjang jangkauannya, lebih kecil, dan lebih fleksibel dukungan protokolnya.


Teknologi USB yang baru ini sanggup menangani file hingga 25GB lebih. Ia menjanjikan kecepatan 10 kali lebih tinggi dan kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya. Ia pun menjanjikan konsumsi daya yang lebih hemat. Sebagai ilustrasi, dengan USB 3.0, Anda dapat mengunduh file HD-DVD sebesar 27 GB hanya dalam waktu 70 detik!

Selain ditargetkan untuk memiliki kecepatan 10 kali lebih tinggi dari USB 2.0, USB 3.0 juga mengusung dukungan koneksi optik yang tetap kompetibel dengan versi lamanya (backward compatibel). Meski saat ini spesifikasi lengkapnya belum selesai, diharapkan spesifikasinya sudah lengakap pada semester pertama tahun ini.

Bersama sejumlah perusahaan TI terkemuka, seperti HP, Microsoft, NEC, NXP, Semiconductors, dan Texas Instruments, Intel membentuk USB 3.0 Promoter Group. Kelompok tersebut bekerja sama dengan USB-IF (USB Implementers Forum), berkomitmen untuk menjaga infrastruktur dan investasi yang sudah ada saat ini berkaitan dengan teknologi USB, termasuk cara penggunaanya, kemudahannya, dan desain bentuknya, sambil terus mengembangkan kemampuan teknologinya.

Sebagai informasi, USB-IF merupakan forum yang telah ada sebelum terbentuknya USB 3.0 Promoter Group. Forum tersebut dibentuk sebagai organisasi dan forum pendukung pengembangan dan adopsi teknologi USB. Selain memfasilitasi pengembangan perangkat USB berkualitas tinggi yang kompetibel, forum tersebut juga mempromosikan manfaat USB dan menjanjikan kualitas produk-produknya telah melalui tahap uji kesesuaian.

Related Post



No comments:

Post a Comment