Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Monday, November 8, 2010

Mengenal Motherboard Bagian 2


Mainboard
Mainboard (=motherboard)
1. Socket Prosessor : Disinilah tempatnya prosessor Intel dengan Pentium/CoreDuo/Quadcore-nya, atau AMD dengan Sempron/Athlon/Phenom nya dipasang.
2. Chipset Northbridge : Untuk mengatur arus data (lalu lintas data) dari Prosessor, Memory/RAM, VGA. Data disalurkan (yang diperlukan oleh dan untuk komponen tertentu, ini akan terjadi ketika user atau anda menjalankan program).
3. Chipset Southbridge : Untuk mengatur arus data dari komponen input output, PCI, Harddisk, dan komponen yang terinteregasi seperti Audio, Network, dll
4. Slot Memory/RAM : untuk menempatkan memori/RAM pada motherboard. Socket memory terdapat jenis-jenis yang berbeda. Seperti SDRAM, DDR 1, DDR 2, DDR 3, RDRAM.
5. Slot Memory/RAM : idem
6. Konektor Floppy Drive : Untuk menyambungkan ke Floppy Drive (utk Disket) dengan menggunakan kabel konektor floppy.
7. Konektor ATA (IDE) : untuk Harddisk/CD-DVDROM ATA : Untuk menyambungkan ke Harddisk/CD-DVDROM ATA/IDE  dengan menggunakan kabel konektor harddisk/cd-dvdrom.
8. Konektor SATA (Serial ATA) : untuk Hardisk/CD-DVDROM SATA : Untuk menyambungkan ke Harddisk/CD-DVDROM SATA dengan menggunakan kabel konektor harddisk/cd-dvdrom.
9. Slot PCI : Untuk penambahan komponen eksternal, seperti soundcard pci, modem pci, usb pci, lancard pci, firewire pci, dan lain sebagainya.
10. Slot PCI-Express x16 :
Slot untuk VGA Card atau Display Adapter. (Dari VGA Card terus nyambung ke monitor, jadilah ada tampilan di layar monitor)
11. Slot PCI-Expressx1 : idem

12. Konektor Power Supply ATX 24Pin :
Konektor untuk menghubungkan dengan Power Supply, untuk menyuplai arus listrik pada semua komponen.
13. Konektor Power Supply ATX 12v 8Pin : idem
14. Konektor Power Tambahan VGA : Untuk menambah suplai listrik khusus grapich, biasanya VGA Card  kelas tinggi (High-End).

15. IC Power Regulators :
Kalau IC jebol/rusak … mainboard pasti mati alias komputer tidak akan nyala.
16. IEEE Firewire Controller : IEEE, Institute of Electrical and Electronic Engineers. adalah untuk menangani data transfer kecepatan tinggi seperti transfer data dari handycam.
17. Audio Controller : Untuk menangani suara, juga ada yang terpisah (sound card pci). Suara komputer jadi yahuud.
18. Network Controller : Berguna menangani jaringan untuk menghubungkan dengan komputer lain, baik dengan menggunakan kabel ataupun wireless. Juga ada yang terpisah (lan card pci).
19. BIOS : Basic Input Output System, berfungsi untuk mendeteksi, men-test, menjalankan  semua komponen yang terpasang seperti harddisk, vga, ram, sound, dll.
20. Baterai BIOS : Penyuplai daya/arus listrik pada BIOS. Jadi walaupun komputer dimatikan/dicabut kabel listriknya, BIOS tetap menyala. Tanda bila baterai harus diganti bila dicabut kabel listrik pln (dimatikan) tanggal selalu berubah / tidak sesuai (berubah ke tanggal pembuatan mainboard).

Related Post



No comments:

Post a Comment