Blognya Orang GOBLOK

Blognya orang GOBLOk yang pengen pinter,hanya sebagai koleksi pribadi yang isinya di ambil dari berbagai sumber dan sebagai tempat belajar buat saya pribadi.

Monday, November 8, 2010

Mengenal Hardware Komputer Bagian 1

Komputer intinya dibagi menjadi 3 bagian pokok :
1. Hardware : Yaitu Perangkat Keras computer terdiri dari perangkat Unit CPU, Perangkat Input dan Perangkat Output.
2. Software : Yaitu Perangkat Lunak Komputer terdiri dari Software Utama Operating System dan Software Tambahan.
3. Brainware : Yaitu manusia pengguna computer.
Hardware
Hardware atau perangkat keras computer merupakan sebutan fisik dari computer yang didalamnya tersusun dari berbagai peralatan elektrik yang rumit. Hardware dibuat dengan tujuan tertentu dan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu sehingga masing-masing hardware memiliki fungsi yang berbeda namun dalam satu system yang saling berkaitan dan saling bekerja sama.
Hardware terdiri dari :
  1. Unit CPU : merupakan semua perangkat keras yang terkait dengan system utama CPU didalam sebuah Case PC.
  1. Perangkat Input : merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan intruksi ke dalam Unit CPU, sehingga dengan peralatan ini kita dapat melakukan berbagai perintah ke dalam computer untuk diproses dan diterima hasilnya.
  1. Perangkat Output : merupakan perangkat yang memiliki fungsi sebagai output atau keluaran dari hasil pemrosesan input.
Unit CPU terdiri dari :
  1. Case : Wadah atau tempat semua perangkat yang terkait CPU ditempatkan dan dirangkai sehingga perangkat CPU aman, ringkas, dan praktis.
  2. Motherboard : Nama lainnya mainboard atau sebutan gaulnya MOBO, ini merupakan papan utama dimana semua perangkat utama computer tersambung dengannya. Didalamnya terdapat jalur-jalur data, pin-pin conektor dan slot-slot.
  3. Processor : ini nama sebenarnya adalah CPU, disinilah semua proses data diolah dan semua perangkat dikendalikan
  4. Memori : memori ada banyak macamnya, ada RAM, ROM, Cache, dan sebagainya. Perangkat ini memiliki fungsi sebagai penampung memori data yang sangat berperan membantu kerja processor.
  5. Display : kartu VGA yang berfungsi khusus menampilkan tampilan computer di layar monitor.
  6. Media Storage : ini sebenarnya termasuk kategori memori, hanya saja fungsinya tidak sama persis dengan memori, karena perangkat ini dikhususkan untuk menyimpan data secara permanen.
  7. Optical Drive : ini perangkat yang memanfaatkan sinar optic didalam pembacaan media atau penulisannya.
  8. PSU : power supply merupakan adaptor daya listrik yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ke computer.
Input Device terdiri dari :
  1. Keyboard : papan ketik dimana kita dapat memasukkan sederetan huruf, angka, dan symbol ke dalam computer sebagai intruksi untuk diproses.
  2. Mouse : alat ini berbentuk mirip tikus yang dapat digunakan melakukan intruksi langsung ke layar computer berupa icon yang disebut Cursor. Dengan mouse kita lebih cepat melakukan aneka perintah dengan klik, double klik, klik kanan dan scroll.
  3. Mic : dengan alat ini kita dapat memasukkan suara ke dalam PC, dan juga dapat melakukan intruksi via suara dengan software khusus.
  4. Scaner : dengan alat ini kita dapat melakukan memasukkan data (visual) analog menjadi data digital.
  5. Dan masih banyak lagi peralatan lainnya.
Output Device terdiri dari :
  1. Monitor : dengan alat ini kita dapat melihat semua proses dalam computer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer.
  2. Printer : ini merupakan alat untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas
  3. Sound Speaker : ini alat untuk keluaran suara dari computer.
  4. Dan sebagainya.

Related Post



No comments:

Post a Comment